sekata.id, TANJUNG – Kepolisian Resor (Polres) Tabalong menggelar pelatihan komunikasi publik dalam rangka mendukung program Beyond Trust Presisi 2024 di Rupatama Polres setempat, Rabu (11/12/2024).
Pelatihan ini diberikan kepada personel Polres Tabalong untuk meningkatkan kemampuan respon cepar terhadap aduan ataupun keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media sosial.
Dalam pelatihan ini ada dua narasumber yakni Kasi Humas Polres Tabalong, Iptu Joko Sutrisno dan Kasubsi Penmas Humas Polres Tabalong, Aiptu Irawan Yudha Pratama.
Adapun materi yang disampaikan berfokus pada strategi komunikasi publik yang efektif, pengelolaan media sosial sebagai sarana komunikasi dua arah serta peningkatan kualitas pelayanan berbasis digital dalam mendukung program Presisi Polri.
Iptu Joko menjelaskan, Beyond Trust Presisi 2024 merupakan inisiatif Polri yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui pelayanan publik yang responsif, transparan, dan berbasis teknologi.
Pasalnya, program ini berupaya memperkuat sinergi antara Polri dan masyarakat dengan mengoptimalkan komunikasi publik serta inovasi digital sesuai konsep Presisi.
“Beyond Trust Presisi ini menargetkan peningkatan kualitas respons terhadap kebutuhan dan keluhan masyarakat, termasuk melalui platform media sosial,” jelasnya.
Ia juga menekankan dalam pelatihan tersebut pentingnya kemampuan komunikasi yang responsif dan humanis yang harus dimiliki jajaran Polri.
Sehingga seluruh jajaran baik personel Humas Polres Tabalong mampu memberikan respons cepat, tepat dan profesional terhadap keluhan masyarakat di media sosial.
“Media sosial saat ini adalah wajah Polri di dunia digital, sehingga cara kita berkomunikasi akan sangat menentukan kepercayaan publik terhadap institusi,” tegasnya.
Iptu Joko mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas personel untuk memahami kebutuhan masyarakat dan menyelesaikan aduan dengan pendekatan yang komunikatif dan solutif.
Sementara itu, Kapolres Tabalong, AKBP Wahyu Ismoyo J menyambut baik kegiatan tersebut yang dilaksanakan sebagai langkah konkret mendukung program Beyond Trust Presisi.
“Pelatihan ini adalah bagian dari upaya Polres Tabalong untuk terus berinovasi dalam pelayanan publik. Respons cepat dan efektif terhadap keluhan masyarakat di media sosial adalah salah satu bentuk nyata dari tanggung jawab kami sebagai pelayan dan pelindung masyarakat,” ungkapnya.
Kapolres juga berharap melalui pelatihan ini, personel Polres Tabalong dapat semakin proaktif dan profesional dalam memanfaatkan media sosial untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat.
“Kepercayaan masyarakat adalah kunci keberhasilan Polri. Melalui program Beyond Trust Presisi, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harapnya.
Pelatihan komunikasi publik ini menjadi salah satu agenda progresif Polres Tabalong dalam mengoptimalkan peran media sosial sebagai sarana komunikasi yang inklusif. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri sekaligus memperkuat kualitas layanan yang diberikan oleh personel Humas Polres Tabalong. (sah)