sekata.id, TANJUNG – Genap berusia empat tahun sejak diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, kini Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Tabalong berkembang sangat pesat.
MPP yang berdiri pada 14 Desember 2020, saat ini merayakan HUT ke-4 yang dilaksanakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tabalong, Senin (16/12/2024).
HUT ke-4 MPP Tabalong ini ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Pj Bupati Tabalong Bupati, Hj Hamida Munawarah bahkan sekaligus melaunching inovasi DPMPTSP bernama Pedang Zin Langit (Petugas Datang Izin Langsung Terbit).
“Sejak didirikannya mal pelayanan publik ini, perkembangannya sangat menggembirakan,” ungkap Kepala DPMPTSP Tabalong, Suryanadie.
Ia mengatakan, sebanyak 278 jenis layanan telah tersedia di MPP Tabalong yang terdapat 26 organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi lainnya yang mengisi loket pelayanan.
“Sementara pada November 2024, jumlah pengunjung yang tercatat di dalam sistem antrian sebanyak 38.761 pengunjung,” katanya.
Menurutnya, semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang datang menunjukkan bahwa keberadaan MPP Tabalong menjadi perhatian masyarakat.
“Kami patut berbangga dan bersyukur keberadaan MPP ini sangat dibutuhkan masyarakat,” ujarnya Suryanadie.
Sementara Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah mengungkapkan, peringatan HUT ke-4 MPP ini hendaknya menjadi momentum untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Pasalnya dalam era digital seperti sekarang, pemerintah dituntut untuk terus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik.
“Tahun demi tahun hendaknya kita tingkatkan lagi jenis dan jumlah pelayanan yang dapat diberikan kepada masyarakat agar ke depannya performa Mal Pelayanan Publik bisa lebih baik,” ungkapnya.
Hamida pun berharap seluruh OPD dan instansi yang tergabung dalam MPP tersu berkolaborasi mengembangkan layanan berbasis digital bahkan memperluas jenis layanan yang tersedia.
“Oleh karena itu, saya mendorong agar seluruh perangkat daerah dan instansi dapat memfasilitasi kebutuhan layanan masyarakat Tabalong lebih luas dan lebih lengkap lagi,” harapnya. (sah)