sekata.id, Dewasa ini pemerintah berusaha keras untuk meningkatkan budaya literasi di tengah masyarakat, terutama di sektor Pendidikan. Gerakan Literasi Nasional (GLN) juga merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mengoordinasi beberapa kegiatan literasi yang dikelola oleh unit-unit terkait. Gerakan ini melibatkan literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan. Tidak terkecuali di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan Pengenalan Literasi Sejak Dini. Lalu bagaimana sebenarnya Literasi di Jenjang PAUD ini?
LITERASI di PAUD
Literasi di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan hal yang penting dalam membentuk minat baca dan kemampuan anak-anak sejak usia dini. Kegiatan literasi PAUD bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak pada buku, membantu memahami nilai-nilai dan fungsi buku, serta mengembangkan keterampilan membaca awal. Kegiatan literasi juga mendorong rasa kreativitas, imajinasi, dan ekspresi diri anak-anak.
Namun, perlu diperhatikan bahwa pengembangan kemampuan pra literasi pada anak usia dini tidak boleh dilakukan secara intens dan penuh kedisiplinan seperti orang dewasa, agar anak tidak merasa terpaksa dan mengalami stres. Metode pembelajaran yang cocok untuk anak usia dini adalah yang sesuai dengan tahapan perkembangan mereka.
Dalam pengembangan literasi di PAUD, penting untuk mengasah kemampuan literasi anak secara berulang dan konsisten. Hal ini dapat dilakukan oleh para pendidik di sekolah PAUD dengan komitmen yang tinggi.
Permasalahan Literasi di PAUD
Di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan literasi, diantaranya adalah kurangnya pemahaman tentang pentingnya literasi sejak dini, kurangnya strategi pembelajaran pra literasi, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan akses ke bahan bacaan, serta kurangnya pemahaman tentang pengembangan literasi. Untuk mengatasi permasalahan literasi di PAUD ini, doperlukan upaya kolaboratif antara orang tua, pendidik dan pemerintah, dalam meningkatkan pemahaman akan pentingnya literasi sejak usia dini, serta pengembangan strategi dan keterampilan pendidik dalam megembangkan literasi pada anak usia dini.
Pentingnya Strategi Yang Sesuai untuk Pengenalan Literasi pada Anak PAUD
Pengenalan literasi pada anak usia dini sangat penting untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan membaca dan menulis yang akan menjadi dasar bagi pembelajaran selanjutnya. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan strategi yang sesuai agar anak-anak tidak merasa stres dan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Sebagai bagian dari dunia Pendidikan TKIT Az Zahra ikut mengusahakan untuk mengenalkan literasi sejak dini. Di tahun pelajaran 2023-2024 ini, dilksanakan sebuah program literasi anak yang diberi nama PILAR MEGA (Program Inovasi Literasi Anak melalui stoRytelling dan MEmbaca Gambar). Program ini diharapkan mampu mengenalkan literasi kepada anak dengan cara yang lebih menyenangkan. Pada kegiatan ini anak-anak diajak untuk memilih dan “membaca” buku lewat gambar-gambar yang mereka cermati, kemudian anak-anak akan diajak untuk menceritakan buku yang mereka pilih lewat gambar yang telah mereka cermati tadi. Dilaksanakan setiap hari jumat, setelah anak-anak melaksanakan sholat dhuha. Banyak hal positif yang didapat anak dari kegiatan ini, selain dari meningkatkan kecintaan anak terhadap buku, kemampuan berpikir kritis anak yang semakin terasah, juga membangun rasa percaya diri pada anak untuk menyuarakan apa yang mereka indera.
Catatatan: Dihimpun dari berbagai sumber, kritik dan saran silakan hubungi 081351583625.