Membanggakan! Brand Herbo UMKM Asal Tabalong Jadi Finalis AKI 2023 Kemenparekraf RI

Owner Herbo, Muhammad Khalid. (foto: khalid untuk sekata.id)

sekata.id, TANJUNG – Setelah melalui seleksi yang ketat dan bersaing dengan 7.041 peserta lain dari seluruh Indonesia, brand Herbo asal Kabupaten Tabalong akhirnya mampu menembus babak final Apreasiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023.

Brand Herbo ditetapkan sebagai finalis dalam kegiatan BootCamp AKI 2023 yang digelar di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada, 19 Mei 2023 lalu.

Bacaan Lainnya

Dengan membawa produk unggulannya yakni, Kopi Rempah Dayak dan Sari Bajakah, brand Herbo selanjutnya akan menjadi perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel) di ajang AKI 2023 yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Dari 7 finalis yang terpilih mewakili Kalsel brand herbo menjadi finalis pertama terpilih asal Kabupaten Tabalong,” ungkap Owner Herbo, Muhammad Khalid di Tanjung, (23/05/2023).

Kepada media ini, Khalid mengaku sangat bersyukur dan ada rasa kebanggaan tersendiri bisa menjadi satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Tabalong.

“Tentu menjadi kebanggaan, Tabalong bisa berhasil terpilih dari ketatnya kurasi para ahli di bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Khalid menuturkan, selama menjalankan usahanya ia banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Pemkab Tabalong melalui Disporapar dan Diskoukmperindag Tabalong.

“Kita juga didukung oleh Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, karena Herbo juga merupakan UMKM binaan Bank Indonesia,” tuturnya.

Usai dinobatkan sebagai finalis, brand Herbo ke depan akan kembali mengikuti dua agenda AKI 2023, yaitu pameran dan temu sapa dengan finalis lain bersama Menparekraf, Sandiaga Uno pada 23 sampai 25 Juni 2023 di Palangkaraya, Kalteng.

Kemudian puncak acara AKI 2023 akan diadakan di Jakarta pada Agustus 2023 mendatang.

“Harapan saya semua UMKM yang mengikuti AKI 2023 semakin maju dan berkembang,” pungkas Khalid

Diketahui, AKI 2023 merupakan program prioritas Kemenparekraf/Baparekraf ini diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

AKI merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia, AKI ditujukan sebagai upaya mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024 mendatang. (arf)

Pos terkait